Dosen Pendidikan Program Doktor FKIP UAD Kembangkan Sistem Pemantauan Ruang Kelas Berbasis IoT untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Diferensiasi
Dalam upaya mendukung peningkatan kualitas pembelajaran diferensiasi, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat berupa pendampingan sekolah dalam monitoring kondisi lingkungan belajar siswa menggunakan sistem pemantauan berbasis Internet of Things (IoT). Program ini berlangsung di SD Unggulan Aisyiyah Bantul dan melibatkan 74 guru serta kepala sekolah dari SD Unggulan Aisyiyah Bantul dan SD Muhammadiyah Bantul Kota.
Program yang dipimpin oleh Dr. Ika Maryani, M.Pd.; Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.I.; dan Okimustava, M.Pd.Si. ini bertujuan untuk membantu sekolah mitra dalam mengelola kondisi lingkungan belajar melalui teknologi yang telah dikembangkan dari hasil penelitian perguruan tinggi. Pelatihan pertama berlangsung selama dua hari, pada tanggal 2-3 Januari 2025 untuk semester gasal. Sebagai tindak lanjut, pendampingan akan kembali dilaksanakan pada tanggal 13-14 Maret 2025 untuk semester berikutnya.
Sebagai bagian dari kontribusi perguruan tinggi terhadap pengelolaan sekolah, empat set alat monitoring ruang kelas berbasis IoT telah diserahkan kepada sekolah mitra. Alat ini dirancang untuk memantau berbagai aspek kondisi lingkungan kelas, seperti suhu, kelembapan, dan kualitas udara, yang dapat memengaruhi proses belajar-mengajar. Dengan adanya data real-time, guru dapat lebih mudah menyesuaikan kondisi belajar sesuai kebutuhan siswa. Hal ini dapat mendukung terciptanya pembelajaran diferensiasi yang efektif.
Melalui program ini, UAD berharap dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan pada kualitas pendidikan di sekolah-sekolah mitra khususnya sekolah Muhamamdiyah dan Aisyiyah. Diharapkan teknologi pemantauan berbasis IoT ini tidak hanya membantu guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal, tetapi juga menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk mengadopsi teknologi serupa. Lebih jauh, program ini diharapkan dapat mendorong kolaborasi yang lebih erat antara perguruan tinggi dan sekolah dalam pengembangan dan implementasi inovasi pendidikan.