Visi, Misi, dan Tujuan

Visi Keilmuan

Mengembangkan teori dan praktik pendidikan transformatif berlandaskan nilai-nilai Islam Berkemajuan

Misi

1. Pengembangan Kurikulum Inovatif: Merancang dan mengimplementasikan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam Berkemajuan ke dalam semua aspek pembelajaran. Kurikulum ini mendorong untuk menumbuhkan pemikiran kritis, kreativitas, dan kepemimpinan yang berakar pada prinsip-prinsip Islam.

2. Penguatan Profesionalisme Guru Berbasis Nilai: Menyediakan program-program  pengembangan profesional kepada para pendidik untuk memperkuat pemahaman mereka tentang nilai-nilai Islam Berkemajuan dan cara mengintegrasikannya ke dalam pengajaran mereka.

3. Penelitian dan Pengembangan: Melakukan penelitian dan pengembangan yang berkelanjutan dalam bidang pendidikan transformatif berlandaskan nilai-nilai Islam Berkemajuan. Ini mencakup studi tentang efektivitas metode pembelajaran, evaluasi kurikulum, dan pengembangan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman dan prinsip-prinsip Islam.

4. Kemitraan Komunitas dan Pemberdayaan Masyarakat: Berkolaborasi dengan lembaga-lembaga pendidikan, organisasi masyarakat, dan pemerintah maupun institusi global untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan pendidikan transformatif berlandaskan nilai-nilai Islam Berkemajuan. Hal ini juga melibatkan menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan pendidikan yang berkelanjutan dan berorientasi pada nilai-nilai Islam yang progresif.

Tujuan

1. Pengembangan Sistem Pendidikan Holistik: Membangun sistem pendidikan yang tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga mengakui pentingnya pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan spiritual sesuai dengan nilai-nilai Islam Berkemajuan.

2. Penyediaan Sumber Daya Pendidikan yang Berkualitas: Memastikan ketersediaan sumber daya pendidikan yang berkualitas, termasuk buku teks, materi pembelajaran, dan teknologi pendidikan yang mendukung integrasi nilai-nilai Islam Berkemajuan dalam kurikulum dan pengajaran.

3. Peningkatan Profesionalisme Guru: Memberikan dukungan dan pelatihan berkelanjutan kepada guru untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam Berkemajuan dalam pengajaran mereka secara holistik.

4. Evaluasi dan Penilaian Berkelanjutan: Mengembangkan mekanisme evaluasi yang berkelanjutan untuk memantau kemajuan dalam implementasi nilai-nilai Islam Berkemajuan dalam pendidikan, serta mengidentifikasi area-area perbaikan yang memerlukan perhatian lebih lanjut.

5. Pengembangan Kemitraan yang Kokoh: Membangun kemitraan yang kuat dengan lembaga-lembaga pendidikan lainnya, pemerintah, dan komunitas lokal  dan global untuk saling mendukung dalam mencapai tujuan pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islam Berkemajuan.

6. Pemberdayaan Masyarakat: Melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan terkait pendidikan, serta menggerakkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mendukung pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai Islam Berkemajuan.

  • Kampus 4 UAD

    Jl. Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55166

  • Kampus 2 UAD

    Jl. Pramuka No.42, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161, Indonesia

  • (0274) 563515, 511830, 379418, 371120
  • 0822-6126-1960
  • 0274-564604
  • doktorpendidikan (at) fkip.uad.ac.id

Informasi PMB
S3 PDD UAD
Kampus 2 UAD

Telp. (0274) 56351
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960
S3 – 0822-6126-1960